SAFETY IN THE AIR STARTS ON THE GROUND

Rabu, 09 Juni 2010

Biaya Mahal, Kompetisi Paralayang Sepi Peminat Lokal

Bola.net - Sejumlah peserta kompetisi paralayang internasional atau Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) seri pertama di Kota Batu, Jawa Timur, mengeluhkan mahalnya biaya pendaftaran kompetisi tersebut.

Salah satu peserta asal Semarang, Dikma, Kamis, mengatakan, pada kompetisi internasional sebelumnya biaya pendaftaran hanya sekitar Rp 700 ribu atau berkisar 50 euro, sedangkan untuk kompetisi lokal hanya sekitar Rp250 ribu.

Namun, untuk kompetisi seri pertama tahun 2010, biaya pendaftarannya mencapai Rp2.300.000 per peserta.

Ia memperkirakan, minimnya peserta lokal atau atlet Indonesia dalam kompetisi paralayang internasional ini, salah satu penyebabnya adalah mahalnya biaya pendaftaran tersebut.

"Mungkin karena mahalnya biaya pendaftaran ini banyak atlet paralayang nasional yang absen," katanya.

Sementara itu, salah satu panitia, Putol, mengatakan, biaya pendaftaran dalam ajang ini telah disesuaikan dengan kebutuhan kompetisi, sebab biaya yang dihitung panitia dijadikan satu dengan biaya akomodasi lainnya, seperti halnya hotel dan transportasi.

"Saya kira biaya pendaftarannya tidak mahal, sebab fasilitas yang diberikan oleh panitia kepada peserta juga sebanding," ujarnya.

Sementara dalam kompetisi paralayang internasional ini, sejumlah peserta dari 15 negara pada Kamis (3/6) sudah memulai aktivitasnya mencoba landingpendaratan paralayang yang berlokasi di kawasan wisata Songgoriti.

Usai melakukan percobaan, direncanakan Jumat (4/6) panitia akan memulai penilaian terhadap setiap peserta.

"Jika besok cuaca tidak mendukung, panitia akan menggunakan penilaian landing pada hari ini, sehingga peserta harus tetap serius ketika melakukan uji coba lapangan pendaratan," katanya.

(ant/row)

1 komentar: